Apa itu Database Administrator ?

smadmin
Apa yang dilakukan database administrator
     Apa yang dilakukan database administrator

Database Administrator mungkin bukan hal baru di dunia IT Keterampilan ini Sangat di Butuh kan di Perusahaan – persusahaan besar, kenapa ?

Database administrator (DBA) adalah  seorang admin dalam pengeloaan sistem komputer bekerja secara khusus untuk melakukan perawatan (Maintenace) ruang lingkup database serta mengarahkan semua kegiatan keamanan data. Tanggung jawab utama DBA profesional adalah menjaga integritas data. Ini berarti DBA memastikan bahwa data aman dari akses yang tidak sah tetapi tersedia untuk pengguna.

Seiring berjalannya waktu dalam menemukan kasus – kasus baru seorang DBA akan sering memiliki pengetahuan dan pengalaman kerja dalam menemukan solusi yang terbaik. DBA selalu berbaur dengan berbagai produk DBMS seperti Oracle, SAP dan SQL, dan juga mendapatkan sertifikasi IT terkait .

Deskripsi Pekerjaan DBA

Mendesain sistem database pada perusahaan jasa seperti; bank, perusahaan asuransi, universitas, dan layanan kesehatan adalah beberapa dari banyak jenis industri yang memanfaatkan seorang DBA.

Selain bertanggung jawab dalam membuat sistem cadangan apabila terjadi pemadaman listrik atau bencana lainnya, Seorang DBA juga selalu terlibat dalam tugas-tugas yang berkaitan dengan pelatihan karyawan dalam pengelolaan dan penggunaan software, merancang, menerapkan, dan memelihara DBMS dan menetapkan kebijakan dan sistem operasional prosedur terkait dengan kebijakan manajemen data organisasi.

Untuk Gaji (salary) DBA sendiri Di Indonesia sangat beragam karena DBA sendiri menjadi salahsatu dari 5 pekerjaan popular di Indonesia , Gaji untuk tingkat pemula berada di angka Rp5.645.557 per bulan, tetapi bila Anda memiliki sertifikasi resmi tentunya tidak sulit bisa negosiasi mengenai hal ini.

Bagaimana Guy’s Apakah kalian Tertarik dengan pekerjaan ini ayo jangan berpikir kelamaan gabung saja ke  jurusan kita Guy’s  Sistem Informasi UNISM .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Apa itu ERP Analyst ?

Hallo Sobat IT saat ini ERP analys salah satu dari 5 profesi yang lagi trend di negara berkembang dalam membangun kerajaan bisnis yang sedang di gemari oleh perusahaan atau UKM, karena ERP analys adalah salah satu profesi yang saat ini di minati dengan  adanya faktor untuk meningkatkan ekonomi serta menjaga […]
erp analys